Home  /  Berita  /  Padang Pariaman

Pemkab Padang Pariaman Optimis Pariwisata Mampu Tingkatkan PAD

Pemkab Padang Pariaman Optimis Pariwisata Mampu Tingkatkan PAD
Pengunjung menikmati wisata alam di Green Talao Park, Ulakan, Kabupaten Padangpariaman, Sumatera Barat, Minggu (22/5/2022). (antara foto/iggoy el fitra/wsj.)
Rabu, 01 Juni 2022 08:05 WIB
PARIKMALINTANG – emerintah Kabupaten (Pemkab) Padang Pariaman, Sumatera Barat optimis sektor pariwisata berbasis masyarakat dengan ekonomi kreatif yang dikembangkan di daerah itu secara bertahap mampu meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

“Padang Pariaman itu kaya dengan potensi wisata, Disparpora (Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga) harus jadi primadona di sini,” kata Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur di Parik Malintang, Selasa (31/5/2022).

Dengan potensi yang besar tersebut ditambah dengan masyarakat ikut mengembangkan wisata serta menggerakkan ekonomi kreatif maka akan berimbas pada PAD.

Oleh karena itu, dinas terkait dapat bersinergi dan berkolaborasi dengan banyak pihak termasuk organisasi perangkat daerah (OPD) dan masyarakat sehingga sektor pariwisata di Padang Pariaman semakin maju sehingga visi dan misi daerah Padang Pariaman Berjaya dapat terwujud.

“Kami yakin dan percaya apa yang telah dilakukan sebelumnya oleh saudara Fadhly (Kepala Disparpora Padang Pariaman baru dilantik) bisa bersinergi dan berkolaborasi dengan banyak pihak untuk mengangkat sektor Pariwisata ini,” katanya.

Ia juga mengharapkan salah satu objek wisata unggulan di Padang Pariaman yakni ekowisata dan edukasi Green Talao Park (GTP) di Kecamatan Ulakan Tapakih masuk ke dalam 5 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) pada 2022.

Jika hal itu terwujud, lanjutnya maka daerah itu tidak saja lebih dikenal namun juga dapat membantu peningkatan ekonomi warga Padang Pariaman.

“Ekowisata dan edukasi GTP merupakan salah satu ikon wisata Padang Pariaman, saya berharap objek wisata ini berhasil masuk 5 besar ADWI 2022,” ujarnya.

Oleh karena itu Suhatri Bur menginstruksikan seluruh OPD memberikan dukungan penuh dan berpartisipasi dalam membenahi serta melengkapi kekurangan yang ada di kawasan wisata GTP Ulakan tersebut.

Apalagi, lanjutnya saat ini GTP tersebut sedang berbenah menyambut kunjungan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RISandiaga Uno.

Sebelumnya, kunjungan wisatawan ke sejumlah objek wisata di Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat selama Libur Lebaran 2022 mulai dari Selasa (3/5) sampai sekarang sekitar 60 ribu orang.

"Sampai kemarin (siang) telah lebih 54 ribu orang mungkin ditambah hingga sore dan hari ini sudah 60 ribu orang," kata Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur di Parik Malintang.

Ia mengatakan jumlah tersebut akan terus bertambah seiring dengan adanya perpanjang libur lebaran yang diterapkan oleh sejumlah daerah.

Apalagi, kata dia objek wisata di Padang Pariaman sudah berbenah sehingga banyak lokasi yang dapat dikunjungi wisatawan untuk mengisi hari libur. ***

Editor:Hermanto Ansam
Sumber:sumbar.antaranews.com
Kategori:Pemerintahan, Sumatera Barat, Padang Pariaman
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/