Home  /  Berita  /  Peristiwa

IKM Pesisir Selatan Kirim Rendang Lokan untuk Korban Gempa di Kajai Pasaman Barat

IKM Pesisir Selatan Kirim Rendang Lokan untuk Korban Gempa di Kajai Pasaman Barat
Warga di tenda pengungsian sangat antusias menerima kiriman makanan dari pelaku IKM Pesisir Selatan, Sumatera Barat.
Minggu, 06 Maret 2022 20:04 WIB
PAINAN – Masyarakat korban gempa di Nagari (desa) Kecamatan Talamau Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat antusias menerima rendang lokan (kerang) dari pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) Pesisir Selatan.

Kepala Dinas (Kadis) Perdagangan dan Transmigrasi Mimi Riarty Zainul mengatakan masyarakat terharu dengan solidaritas IKM karena langsung menyentuh sekaligus berdialog dengan para korban di tenda pengungsian.

"Sambil berteriak ibu itu bilang randang dari Pasisia, randang dari Pasisia. Maksudnya ada rendang dari Pesisir Selatan," ujar Mimi didampingi Sekretaris Dinas Nurlmailistri, Ketua IKM Okviana dan Wali Nagari Kajai Ramadhani di Pasaman Barat.

Bantuan makanan itu merupakan bentuk solidaritas pelaku IKM terhadap masyarakat Pasaman Barat, khususnya yang terdampak bencana alam di Nagari Kajai Kecamatan Talamau, lokasi yang tercatat paling parah akibat gempa.

Bantuan berupa makanan khas Pesisir Selatan lainnya seperti rendang lokan, teri krispi, samba lado tanak, samba lado cumi, samba lado udang saia, teri kacang balado dan samba lado bada karambie.

Mimi melanjutkan salah seorang warga di tenda pengungsian bahkan nyaris lupa dengan peristiwa yang menimpa, meski rumah satu-satunya yang ia miliki telah rata dengan tanah.

Nagari Kajai menurut Mimi sangat miris sekali. Sebagian besar masyarakat di sana tidur di tenda pengungsian, karena rumah mereka mengalami rusak berat dan sudah tidak bisa ditempati.

"Tiba di Pasaman Barat kami tidak ke posko, tapi ke Kajai agar makanan segera dinikmati pengungsi. Kalau di posko induk kita tidak tahu kapan didistribusikan, karena bantuan sangat banyak," tuturnya.

Ia berharap masyarakat Pasaman Barat tabah dan sabar menghadapi ujian itu, karena baik dan buruk itu bertetangga. "Kami mendoakan agar kondisi segera kembali pulih seperti sedia kala," ujarnya.

Pada kesempatan itu Wali Nagari Kajai Ramadani atas nama pemerintah nagari dan pribadi mengucapkan terima kasihnya pada masyarakat Pesisir Selatan atas kepedulian terhadap warganya.

Ia mengakui masyarakat Nagari Kajai sangat membutuhkan uluran tangan dari semua pihak untuk bertahan dan dapat segera bangkit kembali usai peristiwa yang kini menimpa itu.

"Semoga Allah SWT membalas semua niat baik dan bantuan yang telah diberikan pada warga Kajai. Hendaknya jadi amal ibadah, sekaligus pembuka pintu surga. Aamiin... YRA," ucapnya.

Gempa bermagnitudo 6,6 SR di Kabupaten Pasaman Barat terjadi pada Jumat, 25 Februari 2022. Hingga kini tercatat 17 orang meninggal dunia dan 16 ribu mengungsi. ***

Editor:Hermanto Ansam
Sumber:sumbar.antaranews.com
Kategori:Peristiwa, Sumatera Barat, Pesisir Selatan, Pasaman, Pasaman Barat
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/